-->

Rabu, 24 September 2008

Warren Buffet Beli Goldman Sach

Warren Buffet Beli Goldman Sach
oleh : zulfikar
Warren Buffet membuat surprise dengan mengumumkan rencananya membeli saham Goldman Sachs senilai US$ 5 Miliar. Pemilik Berkshire Hathaway itu juga berjanji akan menaikkan kepemilikannya di Goldman dalam 5 tahun ke depan. Buffet yang pernah bertahta sebagai orang terkaya di dunia ini, akan memiliki opsi untuk membeli saham biasa Goldman senilai US$ 5 miliar pada harga 115 dolar kapanpun, dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Goldman Sachs juga mengumumkan rencananya untuk meningkatkan paling tidak 2,5 miliar dolar saham biasa melalui public offering. Goldman mengaku mencapai kesepakatan dengan Berkshire Hathaway melalui private offering."Kami sangat senang dengan adanya hubungan yang berlangsung lama, Warren Buffet, seorang investor sukses dan sangat diidamkan, telah memutuskan untuk memberikan investasi yang signifikan di Goldman Sachs," ujar Lloyd Blankfein, pimpinan Goldman dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP, Rabu (24/9/2008)."Investasi ini selanjutnya akan membantu kami untuk memperkuat permodalan dan posisi likuiditas," tambahnya.Pada perdagangan elektronik setelah pasar tutup, saham Goldman langsung naik 8,12% menjadi 135,20 dolar."Goldman adalah institusi yang luar biasa. Goldman memiliki franchise global yang tak tertandingi, tim manajemen yang terbukti dan handal serta modal finansial dan intelektual yang akan meneruskan jejak rekam dari kinerjanya," jelas Buffet.


Goldman, bersama dengan Morgan Stanley merupakan dua bank investasi terakhir yang masih bertahan setelah Lehman Brothers bangkrut dan Merrill Lynch diambil alih Bank of America.Namun kemarin Federal Reserve menyetujui Goldman Sachs dan Morgan Stanley untuk tak lagi menjadi bank investasi.Pengumuman dari Buffet ini diharapkan bisa memulihkan kondisi pasar, setelah rencana penyelamatan krisis finansial belum mendapatkan persetujuan dari anggota kongres.Menteri Keuangan AS Henry Paulson dan Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke sebelumnya sudah mendesak agar kongres segera memberikan persetujuan atas rencana penyelamatan tersebut, demi memberikan ketenangan di pasar. Paulson dalam laporannya di depan kongres mengakui bahwa rencana bailout senilai US$ 700 miliar sangat 'menyedihkan' dan 'memalukan', namun diperlukan untuk menghindari terjadinya resesi sekaligus memulihkan kepercayaan pasar

1 Comment:

Saham said...

kalau begini sih, harga saham Goldman Sach bisa naik karena image dari Warren Buffett sebagai investor saham no.1. Hal ini merupakan bukti keuntungan memiliki image baik di mata masyarakat.